Windows Movie Maker

Windows Movie Maker




Windows Movie Maker


Apa itu Windows Movie Maker ?

Windows Movie Maker atau disingkat WMM adalah sebuah program editing video yang sederhana, didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan.

Dengan WMM ini bisa melakukan pengeditan video sederhana dan memutarnya melalui Windows Media Player. Kemudian  juga bisa mengkopinya ke CD dan dijadikan koleksi video .

Keistimewaan Windows Movie Maker ini mampu bekerja dengan baik pada video kamera digital maupun analog. Meski WMM ditujukan untuk bekerja langsung pada camcorder DV, tapi WMM ini pun sudah mendukung capture card analog PCI dan web kamera berbasis USB.

Beberapa Keistimewaan WMM

Jika aplikasi sudah mendukung fasilitas impor maka sudah dipastikan akan sangat bermanfaat dan akan disukai banyak orang. Sebagai gambaran inilah beberapa fasilitas :

  • . Mengimpor video klip dari video kamera digital
  • . Menyimpan seluruh koleksi video rumah di komputer PC
  • . Mengatur klip-klip sesuai dengan urutan yang kita inginkan
  • . Menggunakan efek Fade  antar klip
  • . Menangkap gambar diam dari video klip
  • . Memberi judul, musik latarbelakang, efek suara, dan narasi suara ke dalam klip video kita
  • . Menyimpan lebih dari 20 jam video untuk setiap Gigabyte ruang harddisk kita (tergantung kualitas yang digunakan)
  • . Membuat katalog dan mengorganisir video kita dengan cepat dan mudah 

Windows Movie Maker mendukung hampir semua format video, movie, media, MP3 dan lain-lain.

Sementara itu jika anda akan menyimpannya ke dalam disk beberapa format berikut hanya didukung oleh Windows Movie Maker, yaitu:

1. File Video Windows Media yang berakhiran .wmv
2. File Audio Windows Media yang berakhiran .wma
3. Format DV/AVI yang berakhiran .avi



 Editing Storyboard dan Timeline


 Merekam atau mengimpor dari media lain Anda dapat mengeditnya secara langsung sebelum hasil rekaman tersebut disimpan. Proses editing ini dilakukan dalam tampilan Storyboard atau Timeline.

Dengan sistem storyboard ini Anda dapat mengedit klip-klip yang dibuat dengan mudah yaitu dengan mengedrug atau menarik sekumpulan klip ke dalam susunan yang kita inginkan. Jika Ansa ingin melihat hasil editing tersebut dapat melihatnya di jendela Preview. Kita dapat memisahkan klip menjadi beberapa bagian, atau menyatukan beberapa klip menjadi satu.

Jika kita ingin melakukan lebih lagi, kita dapat berpindah ke sistem tampilan Timeline untuk menambahkan track audio dan efek. Dan sebenarnya WMM akan secara otomatis berpindah ke tampilan Timeline jika kita menyeret sebuah klip audio ke dalam Storyboard.


Proses kerja WMM ini sebenarnya tergantung dari alat penangkap gambar yang digunakan, dalam hal ini pemakai bisa mengatur tingkat kualitas audio dan video yang digunakan untuk merekam.  Untuk setiap tingkat kualitas, WMM akan menampilkan layar dialog yang memberitahukan kita tentang resolusi dan tingkat frame rate yang digunakan.

Sekian tentang Windows Movie Maker , Semoga bermanfaat ^-^ ..

Windows Movie Maker

If you like this article, you are pleased to subscribe and receive the new update from Info 4 Software. It's a FREE deliver, so don't miss it!

0 Response to "Windows Movie Maker "

Post a Comment